VALENTINE DAY, NO WAY !!

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

st1\:*{behavior:url(#ieooui) }

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”,”serif”;}

 Valentine
day, yang jatuh pada tanggal 14 Februari sangat digandrungi remaja (bahkan
remaja kolot juga). Dihari itu orang mencoba menunjukkan cintanya dengan saling
mengirim kartu kepada anggota keluarga atawa orang-orang yang dikasihi. Yang
dominan sich ucapan sayang ini ditujukan buat sang do’i alias pacar tea.
Biasanya ungkapan kartunya sentimental berat, penuh rayuan gombal.


            Selain ngirim kartu, ada juga yang
ngirim gift(hadiah),cupid(Boneka berbentuk anak kecil, kotak berhias kembang
gula, gambar-gambar fantasi atau karangan bunga.And yang paling khas ngirim
coklat berbentuk hati. Nggak cukup di sini, perayaan valentine day belum greng
kalu nggak ngadain pesta dansa ria diiriingi lagu-lagu cinta.

 

Y
Definisi    

For sure sobat-sobat bisa nemuin definisi hari valentine di tiga tempat

a.   
Open your Encyclopedia Americana volume XIII, page
464,”The date of the modern celebration, February 14, is believe to derive the
execution of a Christian martyr, Saint valentine, on February14, 270.”Yang
artinya : “ Tanggal 14 Februari itu adalah perayaan modern yang berasal dari
hari dihukum matinya seorang martir atawa pahlawan Kristen, yaitu Santo
Valentine pada tanggal 14 Februari 270 Masehi.” 

b.    Kebet lagi Encyclopaedia Americana Volume XXVII halaman 860,”A day on
wich lovers traditionally exchange affectionate messages and gifts. It observed
on February 14, the date on wich Saint Valentine was martyred.” Indonesianye:
Yaitu sebuah hari dimana orang yang sedang dilanda cinta secara tradisional saling
mengirimkan pesan cinta dan hadiah-hadiah. Hari itu diperingati pada tanggal
14  Februari dimana santo Valentine
mengalami martir (seseorang mati sebagai pahlawan karena mempertahankan
kepercayaan atawa keyakinan).

c.    Bongkar lagi Encyclopaedia Britannica Volume XIV hlaman 949. “The Saint
Valentine who is spoken as the apposite Rhaetia
and venerated in Passau
as its first bishop….”. “Santo Valentine yang disebutkan  itu adalah seorang utusan dari Rhaetia dan dimuliakan di Passau sebagai uskup yang pertama.

 

x Sejarah
Valentine day

 

      Dulu banget, di kota Roma pada abad ke-4 Sebelum Masehi,
perayaan kasih sayang itu sudah ada. Tanggal dan bulannya tetap sama . Namun
dulu perayaan tersebut bukan dinamakan hari valentine, karena perayaan hari
kasih saying itu sebenarnya buat mengjhormati dewa mereka yang bernama
Lupercus.

Acara yang berbentuk upacara itu diselingi penarikan
undian dalam rangka mencari pasangan. Dengan menarik gulungan kertas yang
bertuliskan nama, para gadis mendapatkan pasangan lantas mereka menikah untuk
jangka waktu setahun. Sesudah itu , mereka bisa ditinggalkan begitu saja. Dan
kalau sudah sendiri, nereka menuliskan namanya untuk dimasukkan ke kotak undian
lagi pada upacara tahun berikutnya.

      Kegiatan
rutin seperti itu sudah dilakukan kurang lebih 800 tahun lamanya. Dan ketika
Katolok mulai berkembang oada saat itu, para pemimpin gereja ingin turut andil
dalam perayaan tersebut, sehingga untuk mensiasatinya, mereka mencari seorang
santo (Orang suci untuk agama Katolik), sebagai pengganti dewa kasih
sayang  Lupercus. Mereka menemukan calon
pengganti Lupercus yaitu Santo Valentine, seorang uskup yang tewas sebagai
martir sekitar 200 tahun sebelum masa itu.

      Alasan  untuk memilih Santo Valentine sebagai
pengganti dewa Lupercus pada hari kasih sayang, memang nggak terlepas dari
riwayat si Santo itu sendiri. Konon, ia dihukum mati Kaisat Claudius II karena
melanggar dekritnya. Tahun 270, kekaisaran Roma memerlukan sejumlah tentara.
Sang Kaisar megeluarkan dekrit yang melarang perkawinan. Sebab, dengan
perkawinan, sang tentara dikuatirksn bakal nggak bersemangat dalam perang. Ia
akan teringat terus keluarga yang ditinggalkan. Tapi uskup valentinea berusaha
menolong pasangan yang sedang jatuh cinta dan ingin membentuk keluarga.
Pasangan yang menikah lalu diberkati di tempat yang tersembunyi. Namun praktek
itu akhirnya ketahuan juga. Lantas santo Valentine pun dihukum pancung.

      Karena
dasar itulah sang santo dipilih menggantikan kedudukan dewa kasih sayangnya
orang Roma, Lupercus. Karena menurut mereka, peranan Uskup Valentine kepada
sang pencinta amat bear.

      Sesuai
perkembangan, siasat pemimpiun gereja katolik itu nampaknya berhasil dengan
sukses. Soalnya upacara kasih sayang tersebut jadi semacam rutinitas ritual
yang bagi mereka kudu dirayakan. Dan untuk mencairkan kesan formalnya, mereka
membungkusnya melalui hiburan-hiburan atau pesta-pesta yang pada saat itu
nampaknya sudah amat sangat memprihatinkan. Karena dengan cara tersebut, banyak
remaja-remaja yang terjebak pada pola perayaan awal hari kasih sayang. Seperti
melakukan hubungan seks sesuka hatinya. Gonta-ganti pasangan semaunya. Semua
yang mereka lakukan itu sebenarnya bukan lagi didasari oleh kasih sayang, akan
tetapi hawa nafsu belaka.

$
Valentine dalam kacamata Islam

      Sebagai generasi muslim yang intelek, kita
harus kritis daslam melihat suatu pesoalan, nggak level dong k-lo cuma
ikut-ikutan aja. First kita harus tahu dulu gimana agama memandangnya, apa sich
untung  ruginya secar akal?. Termasuk tuk
masalah yang satu ini, yuxs kita kupas with smart thingking.

      Y Yang
namanya cinta adalah fitrah dan anugerah yang diberikan Allah tuk manusia.
Rasulullah  juga menganjurkan kita untuk
memberikan cinta dan kasih sayangnya kepada sesama manusia. Hanya saja ,
pengertian cinta dan kasih sayang yang dianjurkan Rasulullah  bukan seperti perayaan hari valentinan yang
cenderung memfokuskan cinta pada lawan jenis and cenderung mengumbar hawa
nafsu. Akan tetapi kasih sayang yang esensinya lebih hakiki. Seperti kasih
sayang kepada ortu, adik, kakak, isteri atau suami, en saudara sesama muslim.
Nggak cuma segitu, kamu bahkan harus menyayangi hewan, tumbuh-tumbuhan dan
lingkungan. Pokoke kasih sayang seorang 
mulim tuh sungguh komplit!.

      K-lo kita
tarik garis lurus dari sejarah yang udah kita kupas tadi, sebenarnya valentinan
itu merupakan bagian dari acara keagamaan umat nasrani. Bagi kita umat Islam,
melibatkan simpati terhadap kegiatan dan perayaan agama lain dibatasi
kedalamannya. Bahkan k-lo bersandar pada pedoman aqidah yang hakiki, kita musti
tegas pada prinsip. Bagimu agamamu, bagiku agamaku (Coba buka Surat Al-kafiruun di Al-Qur’an).Dan
inget  nih nasihat Rasulullah SAW buat
kita-kita :

“Barang
siapa meniru suatu kaum , maka ia termasuk kaum itu.” (HR. abu Daud, dan sanadnya diperkua ole Ibnu Taimiyah).

      So,
generasi muda muslim jelas menolak! Menolak bukan  berarti memusuhi, melecehkan atau
mengucilkan. Bukan. Bagaimanapun Islam menekankan toleransi antar pemeluk
beragama. Hanya bukan dengan dalih toleransi kita ikut merayakan kepercayan
agama lain.Jadi, kita yang muslim nggak boleh turut ngeramein valentine?. K-lo
kamu sangat menghargai nilai keimanan dan bercermin pada aqidah, mendingan
nggak usah deh dipikirin. Lagian ngapaimn pula kasih sayang dipestain segala.
Sebelum sang pastur Valentine dipenggal batang lehernya, ajaran Allah SWT from
Adam AS to Muhammad SAW sudah mengutamakan konsep kasih sayang  dalam liku-liku syi’arnya. Kasih sayang akan
tetap berpijar di nurani apabila tertanam apabila tertanam nawaitu yang ikhlas.
Terpelihara selamanya. Jadi, bukan hanya ‘hidup’ atau ‘dihidupkan’ untuk satu
hari saja. Yang divisualisasikan dengan bermacam-macam cara meriah yang
cenderung hura-hura. Tak jarang perayaan valentine ini diselewengkan untuk
hal-hal berbau negatif en maksiat. Eh, kesannya nih, sehabis bervalentine,
kasih sayang yang semula diagungkan itu bakal terlupakan atau dilupakan. Wah,
bukannya itu sebuah kamuflase? Sebuah kasih saying tanpa akar keikhlasan.
Sayang sekalee…

        And
untuk masalah cinta ini nggak bakalan ada deh yang nandingin Rasulullah SAW.
Why? Beliau tuh begitu mencintai kita sebagai umatnya dan ingin sekali
melepaskan kita dari siksa abadi di neraka. Beliau rela berkorban apa saja
untuk berda’wah menyelamatkam umatnya. Tulusnya kasih saying beliau kepad kita
sampai diabadikan Allah dalam Al-Qur’an Surat At-taubah 128 : “Sesungguhnya telah dating kepadamu
seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sanat
menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi
penyayang terhadap orang-orang mukmin.”

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: